Gubernur Kalsel Lantik Bupati dan Wakil Bupati Barito Kuala Masa Bakti 2017-2022

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – BANJARMASIN. Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Hj Noormiliyani SH bersama pasangannya H Rahmadian Noor ST, Sabtu (04/11) hari ini, akhirnya resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Barito Kuala (Batola) periode 2017-2022.

Pasangan yang pada Pemilukada Batola pada pertengahan Februari 2017 lalu dengan hasil final dari total 608 TPS yang masuk scan C1, presentase paslon no 1 (Hj Noormiliyani AS – H Rahmadian Noor) sebesar 48, 81 persen, atau tembus sebanyak 74.248 suara ini dilantik oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor S.Sos MH, atas nama Menteri Dalam Negeri di halaman Kantor Bupati Barito Kuala di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, melalui Rapat Pleno Terbuka menetapkan pasangan Noormiliyani-Rahmadian Noor sebagai Bupati dan Wakil Bupati Barito Kuala terpilih periode 2017-2022.

Penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilaksanakan atas dasar berita acara rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batola Tahun 2017 serta berdasarkan surat panitera Mahkamah Konstitusi No : 32/PAN.MK/3/2017 tanggal 13 Maret 2017 perihal Keterangan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2017.

Baca Juga:  Festival Budaya Pasar Terapung 2018 Dilaksanakan di Banjarmasin

Dan pada akhirnya hari ini, 4 November 2017, mantan Ketua DPRD Kalsel 2017 ini, resmi menggantikan suaminya H Hasanudin Murad SH, Bupati Barito Kuala yang menjabat dua periode untuk masa periode 2007–2012 dan 2012-2017 dari Partai Golkar sebagai Bupati Barito Kuala Masa Bakti 2017-2022.

Dalam pelantikan Bupati perempuan pertama di Kalsel ini, ada hal yang cukup menariknya, Wakil Bupati Barito Kuala yang mendampingi Hj Noormiliyani SH ini yakni H Rahmadian Noor ST ternyata juga bukan kerabat jauh, melainkan kerabat dekat, karena kontraktor muda ini yang juga merupakan Ketua DPD II Partai Golkar Barito Kuala ini masih ada hubungan famili dengan Bupati terpilih Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor S.Sos MH, dalam sambutannya, mengharapkan keduanya bisa amanah dalam jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Barito Kuala. “Harapan kita, kalian berdua bisa amanah dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Barito Kuala selama lima tahun berjalan ini,” ujar Paman Birin, usai melantik Bupati dan Wakil Bupati Batola, di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Jum’at (4/11).

Baca Juga:  Proyek PL Tanpa Papan Nama, Lumrah Dilingkungan SKPD Tanah Bumbu

Pantauan awak media ini, selain pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Batola, dalam acara ini juga dilangsungkan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batola serta Pengukuhan Ketua Dekranasda Kabupaten Batola Periode 2017-2022.

Selain itu, informasi yang di dapatkan awak media suarakalimantan.com, serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Barito Kuala tersebut dilaksanakan pada hari Senin (6/11) di Marabahan, dua hari setelah usai pelantikan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2016, yang menegaskan antara lain serah terima jabatan Bupati, Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota dapat dilaksanakan paling lama 14 hari setelah pelantikan. (Kastal/Gazali)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top