PEMBANGUNAN DESA (TMMD) KODIM 1004 MEMBERIKAN POSITIF BAGI PEMKAB KOTABARU

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1004/Kotabaru memberikan nilai positif bagi Pemkab Kotabaru karena mampu menghemat anggaran dari pemerintah daerah, kegiatan yang dilakukan oleh TNI AD kodim 1004 Kotabaru, dalam hal ini Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kegiatan yang mendapat dukungan oleh pemerintah daerah.

Membangun bangsa ini tidak bisa dilakukan satu lembaga atau organisasi tertentu tetapi dilakukan bersama sama kita bisa dalam Program (TMMD) yang dilaksanakan TNI AD kodim 1004, dengan terjun langsung menggunggah kepada masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi dan selalu mendapat dukungan bersama masyarakat sekitar.

TMMD ke 100 dikecamatan Pulau Laut Tengah juga menyertakan peran serta kepada masyarakat desa untuk bergotong royong menyelesaikan pekerjaan pembuatan jalan sepanjang 2 kilometer yang dihubungkan dengan Desa Gunung Sari dan Desa Mega Sari dengan jalan poros kabupaten kotabaru, dan memerlukan dana yang diperkirakan Rp1,2 miliar, Untuk lahan masyarakat mehibahkan secara sukarela , kata Kodim 1004/Kotabaru Letkol Arh Samujiyo, kemarin.

Baca Juga:  TNI Bersama Warga Masyarakat Bersihkan Aliran Sungai Barabai Dari Sampah

Selain itu jalan juga dalam cara bergorong gorong, dana itu pun melalui serbuan teritorial jika kita rencanakan anggaran biaya ( RAB) itu menelan dana Rp80 juta rupiah, Untuk kegiatan pekerjaan fisik yakni membangun rehab rumah layak huni ( RTLH) hasil fisik rumah jika dikerjakan pihak lain memerlukan dana Rp. 45.juta rupiah, Per unit sedangian TNI mengerjakan menghabiskan dana 15 juta per unit.

Keseluruhan pelaksaan (TMMD) ke-100 kodim 1004/Kotabaru menghabiskan dana Rp2,8 milyar, rinciannya Rp300 juta dari TNI AD dan dukungan pemerintah Kabupaten Kotabaru Rp2.8 milyar dan BPMPD Provinsi Kalsel Rp60 juta .

Sedangkan jika dikerjakan anggota sipil atau pemborong bisa menghabiskan Rp4 milyar. Untuk realisasi pembuatan jalan sudah tahap pengerasan, sedangkan rehab RTLH mencapai 100 , sementara yang lain masih dalam proses pengerjaan.

Acara (TMMD) ke 100 dilaksanakan pada tanggal 26 september – 28 oktober 2017, Sejauh ini mendapat apresiasi Tim pengawas dan evaluasi ( Wasev ) dari staff PJO TMMD Sterad, Kami menilau hasilnya sangat berprestasi dan memuaskan jauh lebih dari yang kami harapkan, terang Kolonel Lek.Khozim dari tim wasev,pada saat itu.

Baca Juga:  PT Golden Hope Nusantara Larang Para Wartawan Liput Pemberitaannya

Wabup Kotabaru Ir.Burhanudin, meapresiasi kegiatan ini sangat karena bermanfaat bagi masyarakat dan sangat menghemat anggaran daerah, Kami juga kedepan berkeinginan menggandeng TNI AD kodim 1004 untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di kabupaten Kotabaru, tutupnya. (M4H)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top