SHOPPING CART

close

Kalsel Kedatangan 300 Ekor Sapi Australia

SUAKA – JAKARTA. Tiga ratus ekor Sapi Australia itu telah tiba di lokasi mitra pertama di Kalimantan Selatan, sebagai bagian dari Program Pembiakan Sapi Komersial Indonesia–Australia (IACCB), program unggulan Kemitraan Keamanan Pangan Indonesia–Australia di Sektor Daging Merah dan Peternakan Sapi.

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertanian dan Sumber Daya Air Australia Barnaby Joyce, serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan prakarsa ini akan membantu pengembangan industri peternakan sapi Indonesia, meningkatkan peluang investasi, dan mendongkrak perdagangan kedua bangsa.

“Kami bekerja sama untuk mengembangkan industri daging merah dan peternakan Sapi Australia-Indonesia yang lebih bersaing, efisien dan berkelanjutan sebagai bagian dari rantai pasokan komersial yang bersaing secara global,” tutur Joyce dalam siaran pers Kedubes Australia kemaren.

loading...

Dia menambahkan seiring dengan permintaan akan daging Sapi di Indonesia yang terus meningkat, proyek ini merupakan satu lagi contoh komitmen Australia untuk bekerja sama dengan industri Indonesia untuk meningkatkan produktivitas melalui alih keterampilan dan kepakaran dalam pembiakan Sapi.

“Hal ini akan menghasilkan peluang investasi yang kuat dan membuka pasar baru untuk Sapi indukan Australia,” cetusnya.

Sementara itu, Thom Lembong berujar program ini akan menjadi percontohan untuk aneka model pembiakan Sapi skala komersial dengan mitra swasta dan secara komersial difokuskan pada kelompok-kelompok koperasi peternak kecil untuk melakukan penilaian secara ekonomis model-model pembiakan ternak skala lebih besar yang laik dan berkelanjutan.

“Kemitraan ini akan membantu pengembangan industri pertanian berkelanjutan yang tengah berlangsung di Indonesia dan makin memperkukuh hubungan perdagangan dan investasi kita yang sudah kuat ini dengan Australia,” ujar Lembong.

loading...

Sebagai bagian dari proyek ini, Australia akan memasok 2000 Sapi indukan dan 100 pejantan ke lokasi-lokasi mitra terpilih.

Selain Sapi, TIM Program akan memberikan dukungan luas tentang pengembangan padang penggembalaan, manajemen bisnis, peternakan Sapi, dan sistem pengawasan serta evaluasi untuk memperoleh dan memajukan model pembiakan yang laik secara komersial untuk Indonesia.

Kerja sama dalam sektor daging merah dan peternakan Sapi merupakan salah satu hasil awal perundingan perdagangan bilateral untuk Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia Australia, IA-CEPA.

Kemitraan Keamanan Pangan Indonesia–Australia di Sektor Daging Merah dan Peternakan Sapi merupakan bagian dari paket bantuan Australia sebesar A$60 juta untuk memupuk kemitraan yang lebih dalam antara industri daging di Australia dan Indonesia.

loading...

IACCB merupakan prakarsa unggulan Kemitraan tersebut; proyek senilai A$9 juta ini akan berlangsung pada 2016–2018 yang bertujuan untuk mendukung komersialisasi pembiakan Sapi di Indonesia.

Program itu dimulai sejak Februari 2016. Perdagangan pertanian dua-arah dengan Indonesia senilai hampir A$4 miliar pada 2015.

loading...

Komsumsi total daging Sapi di Indonesia meningkat sekitar 4% setiap tahunnya.Indonesia berada di jalur untuk menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia pada 2050. (TIM)

Bagikan via:
loading...
Tags:

0 thoughts on “Kalsel Kedatangan 300 Ekor Sapi Australia

Tinggalkan Balasan

  • Popular
  • Most Comments
  • Lastest
2019 Jalan Sungai Durian Menuju Simpang Empat Banian Akan Kembali Di Tingkatkan
Kapuspenkum Kejagung Tegaskan Kasus Kunker DPRD Banjar Tetap Proses Hukum
Satpol PP Tangkap dan Gunduli Dua Anak Punk
LEKEM KALIMANTAN Menduga, Proyek Gedung Laboratorium Sains dan Teknologi Tala Bermasalah
Ketum KIB Saran Bentuk TIM Kasus 98 & Sambut Baik Bentuk TIM Tuntaskan Kasus Novel
Tersiar Khabar Ayam Mati Akibat Vaksinasi, Kementrian Turunkan Tim Investigasi Ke Sinjai
Melalui Program (JMS) Kejari Kapuas Berikan Penyuluhan dan Penerangan Hukum dikalangan Pelajar
Refleksi Ibadah Bersama ASN, Sarmi Papua Aman dalam Lindungan Tuhan
Kemendiknas Tindaklanjuti surat edaran KadisdikBud Prov. Kalsel, Tentang Unas Thn 2018 – 2019.
Kemensos: Agar Kegiatan Bantuan Tepat Sasaran
Cek Data Sebagai Pemilih di Pemilu 17 April 2019
Di Makkah Habib Rizieq Shihab Do’akan, Ustadz Arifin Ilham Kondisinya Membaik
Kebakaran, Langgar Bintang Panglima Batur Juga Di Lalap Api
Wakil Ketua DPRD Tanbu Angkat Bicara Terkait Rusaknya Jalan Penghubung Dua Desa di Satui
Pemkot Jakbar Gandeng Team Jatanras Polres, Amankan HBKB kota Tua
Moeldoko Minta Relawan Jokowi Pasang Baliho Jokowi-Ma’ruf Amin
Rifka Jaya Soroti Merosotnya Perekonomian Di Era Presiden Jokowi
Warga Keluhkan Jalan Penghubung di Satui Kalsel Rusak Berat
Soroti Polemik Hi-Tech Mall Surabaya, APTIKNAS JATIM Siap Berkontribusi
Kapolresta Minta Maaf Atas Pengusiran Wartawan Saat Meliput Berita
error: Maaf dilarang mengcopy-paste!
%d blogger menyukai ini: