Viralkan !!!, Ternyata Tarif Listrik Indonesia Termahal di Dunia

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – JAKARTA. Kalangan industri pengguna gas bumi mengeluhkan mahalnya tarif listrik di Indonesia. Bahkan, tarif listrik Indonesia dinilai paling mahal di dunia dibandingkan negara lainnya. Wow!!!…


“Kondisi 2014 lalu tarif listrik hampir semua golongan naik. Sekarang tarif listrik di Indonesia USD11 cent per Kwh. Bahkan di beberapa daerah sudah 12 cent. Ini harga paling mahal di dunia,” keluh Ketua Umum Forum Industri Pengguna Gas Bumi, Achmad Safiun, dalam diskusi tata kelola gas, di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Padahal menurutnya, listrik adalah komponen penting dan roda penggerak industri. “Tarif listrik mempengaruhi harga. Kami ini bergerak di industri hilir sehingga kalau terjadi perubahan pada kami akan berpengaruh langsung dengan masyarakat,” terang Achmad.

Achmad meminta, pemerintah Indonesia untuk memperbaiki kebijakan minyak dan gas (migas) dan energi, karena akan berpengaruh langsung pada tarif listrik.

“Kebijakan migas seharusnya diperlakukan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi. Bukan sebagai komoditi revenue. Sekarang momentum yang tepat untuk memperbaiki tata kelola migas karena harga minyak yang turun drastis,” tegasnya.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19 belumlah usai, Koramil 1022-02/Khi turut serta cegah penyebaran nya

Sebagai pembanding, berikut ini 7 negara merupakan tarif listrik, yaitu :





  1. Amerika Serikat (AS) USD3 cent per kwh.
  2. Bangladesh USD3 cent per kwh.
  3. Vietnam USD7 cent per kwh.
  4. Malaysia USD6 cent per kwh.
  5. Pakistan USD6,6 cent per kwh.
  6. Korea Selatan USD6 cent per kwh.
  7. Indonesia USD11 cent per kwh.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top