Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Durian

Print Friendly, PDF & Email

Buah durian adalah termasuk buah-buahan yang besar bahkan termasuk dari daftar buah terbesar dengan kulitnya berduri-duri tajam dan keras.

Buah durian memiliki berat biasanya antra 1 kg-4kg, sementara diameternya bisa mencapai 15 hingga 30 cm. Daging buah durian biasanya bewarna kuning ke emasan, namun ada juga yang kadang berwarna putih agak pucat dan berwarna merah. Biji durian ada yang besar dan ada yang kecil tergantung dari jenis durian itu sendiri.

Nah, di musim durian seperti sekarang, jadi penasaan kan apa saja manfaat durian bagi kesehatan dan apa saja bahayanya? Diolah dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat dari buah durian serta bahayanya.

– Manfaat Durian bagi kesehatan tubuh

  1. Durian bisa menjadi buah yang bagus untuk pencernaan, sehingga buah ini bisa mengatasi sembelit yang dirasakan seseorang. Kandungan serat yang tinggi dalam daging buah durian menjadi alasan buah ini penting dimakan oleh yang menderita masalah pencernaan.

  2. Mengatasi penyakit anemia. Kandungan asam folat dan vitamin B9 dalam buah durian menjadikan buah berdaging bau enak ini bagus untuk menjadi produser sel darah merah, sehingga kekurangan darah bisa di atasi.

  3. Bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dalam buah durian menjadikan buah berkulit duri ini bagus dalam mencegah terjadinya penuaan dan kerutan pada kulit. Vitamin dalam durian berperan sebagai anti oksidan yang bagus menjaga kerusakan sel kulit.

  4. Durian bermanfaat untuk tulang dan persendian. Kandungan potasium dan kalsium dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kesehatan persendian seperti lutut, ruas jari dll.

  5. Manfaat durian untuk mengatur kestabilan darah. Buah durian bisa mengstabilkan darah, ini dkikarenakan dalam buah ini mengandung mangan. Kendati demikian, tetap tidka bagus kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

  6. Kandungan tembaga dalam buah durian bagus dalam menjaga kesehatan tiroid.

  7. Karena banyak kandungan vitamin B1, maka buah durian bermanfaat juga untuk menjaga nafsu makan.

  8. Kandungan senyawa iboflavin atau Vitamin B2 dalam durian membuat buah enak ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya migrain.

  9. Buah durian juga bermanfaat untuk meredakan stres dan mengatasi depresi, ini tidak lain karena dalam buah durian mengandung vitamin B6 atau piridoksin.

  10. Porfor dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut

Baca Juga:  Dandim 1002/HST Terima Korp Raport Pindah Satuan Prababinsa Dan Anggota Pulang Tugas

– Bahaya mengonsumsi Buah Durian

  1. Buah durian bisa meningkatkan gula darah bahkan hingga diabetes, kalau dikonsumsikan dalam jumlah banyak dan terlalu sering maka kandungan glukosa yang tinggi dalam durian akan menjadi penyebab diabetes.

  2. Selain itu, Durian juga berbahaya bagi pencernaan kalau dikonsumsi berbarengan dengan alkohol. Serta kandungan alkohol dan kolesterol dalam durian bisa membahayakan kesehatan jantung.

Ketika dikonsumsi bersamaan dengan alkohol, kandungan sulfur dalam durian akan menghambat metabolisme alkohol dan ini bisa memicu kematian. Buah durian ini, disamping enak, lezat dan manis rasanya ada juga sejumlah racun didalam kandungannya.





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top