Aspihani Targetkan, 2015 Rehab Total Masjid Agung Khairullah Sungai Lulut Terselesaikan

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KALSEL. Ketua Umum Masjid Agung Khairullah, Aspihani Ideris, menyerukan kepada segenap umat muslim untuk membantu pembangunan dan rehabilitasi total masjid yang beralamat di Jalan Martapura Lama / Veteran Km 7,900, Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Karena 2015 pembangunan dan rehabilitasi masjid tersebut sudah terselesaikan.

Ia mengatakan, saat ini masjid Khairullah tersebut sedang dalam renovasi total guna memperluas ruang induk masjid. “Panitia Pembangunan dan Rahabitasi Total masjid Agung KHAIRULLAH melakukan rehabilitasi, dikarenakan bangunan masjid sudah tidak memadai dan sudah seharusnya diperluas melihat kondisi perkembangan , hal ini diutarakan langsung oleh Aspihani Ideris.

Menurut Ketua Umum Masjid Agung KHAIRULLAH ini, beberapa fasilitas lain untuk kenyamanan beribadah perlu perbaikan dan pembangunan seperti tempat wudhu, kamar mandi / WC, taman masjid, perpustakaan, rumah kaum dan ruang takmir masjid.

“banyak hal yang perlu dibangun di rehab total masjid Agung KHAIRULLAH ini. Semuanya untuk kenyamanan dalam beribadah kepada Allah SWT, ”kata Aspihani bin Ideris bin Abdurrasyid Assegaf ini menjelaskan, seusai Shalat Jum’at (3/8/2012) kepada sejumlah wartawan yang saat itu mewawancarainya.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis, Digelarnya Operasi Ketupat Intan Juga Mensupport Posko Pemeriksaan Covid-19

Selain digunakan untuk shalat lima waktu dan shalat Jum’at warga sekitar, tutur Aspihani, masjid peninggalan Syaikh Haji Jamaluddin bin Haji Abul Qasim ini juga digunakan sebagai sarana untuk belajar mengaji anak-anak dan majelis taklim. Selain itu, Masjid Agung Khairullah sering digunakan sebagai tempat ibadah hari besar umat Islam serta kegiatan keagamaan lainnya.

“Masjid ini juga dapat digunakan untuk kegiatan ibadah lainnya, dan untuk mengenang penemuan masjid ini, setiap kali kami mengadakan acara haul kakek kami Haji Jamaluddin. Karena kubah kekek Jamal tepat di belakang masjid ini, ”ujar Aspihani.

Laki-laki kelahiran Gudang Hirang 23 Januari 1975 ini menjelaskan, biaya yang diperlukan untuk keperluan renovasi total ini antara Rp5 miliar hingga Rp7 miliar rupiah. Namun ucapnya, pembangunan sudah berjalan sudah mencapai 50 persen. Untuk ruang induk sudah mencapai 85%, untuk teras masjid baru sekitar 40% dan untuk pembangunan tempat wudhu, kamar mandi / WC, taman masjid, perpustakaan, rumah kaum dan ruang takmir masjid baru, Papar Alumni Magister Hukum Universitas Islam Malang (UNISMA) ini.

Baca Juga:  14 Platform Digital Ekspor Indonesia Inisiasi Berdirinya APDEI

Kami berharap renovasi total Masjid Agung Khairullah dapat selesai seperti yang kami harapkan dan target kami ditahun 2015 selambatnya Pembangunan ruang induk dan halaman serta temoat wudhunya sudah rampung semua. Untuk itu, kami selaku panitia mengundang dan mengetuk kepedulian Bapak / Ibu dan sahabat-sahabat Muslim di mana saja, untuk ikut serta menyisihkan hartanya dalam bentuk infak / sedekah.

“Bagi para dermawan yang berkenan membantu dengan menginfakkan hartanya untuk kepentingan Masjid Agung Khairullah, bisa menghubungi saudara bendahara, yaitu bapak Iwan Sapwani dan atau saudara Haji Ilmi Syahrani selaku Sekretaris Masjid Agung Khairullah. Namun sebelumnya bisa saja menghubungi kami di 08125024531 dan 08121326646 atau ke nomor Handphone 0811506881,” papar Aspihani.

Foto : Proses rehabilitasi total Masjid Khairullah

Mengutif beberapa hadits nabi, melepaskan dari ‘Utsman bin’ Affan radhiallahu’anhu beliau berkata: Sungguh aku pernah mengupas Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membangun masjid sebagai Allah Ta’ala (anugerah wajah-Nya) maka Allah akan mulaikan rumah (istana) di Surga ”, dan juga ada hadits dari Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu’ Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, yang berkicau“ Barang siapa yang membangun masjid karena Allah hanya selubang saja tempat burung bertelur atau lebih, maka Allah bangunkan pulang (rumah) seperti itu pula di surga. “(HR. Ibnu Majah no. 738)

Baca Juga:  PT. TBM dan PT. SAM Serahkan Bantuan Alat Tangkap Ikan dan Alat Pemadam sebagai Pembinaan bagi Masyarakat Siaga Api

Melalui Surat Pembaca lewat media ini, bagi Saudara-saudaraku yang sudah berkenan memberikan bantuan renovasi Masjid Agung Khairullah, Saya selaku Ketua Umum Masjid Agung Khairullah mengucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT melimpahkan rezeki dan karunia-Nya. Aamiin Yaa Rabbal’alamin…

Gambar Panitia Inti Masjid Agung Khairullah :






Tinggalkan Balasan

Scroll to Top