FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM – JOMBANG JAWA TIMUR

Print Friendly, PDF & Email

Logo UNDARJOMBANG

MENGEMBANGKAN KONSEP PENDIDIKAN YANG MENGARAH PADA KUALITAS LULUSAN YANG BERPREDIKAT SUJANA INTELEKTUAL DAN PROFESIONAL

STATUS TERAKREDITASI BAN-PT NOMOR 040/BAN-PT/Ak-IX/S1/IV/2006 TANGGAL 20 APRIL 2006 IJIN OPERASIONAL NOMOR 1689/D/K-VII/2010 TANGGAL 29 MARET 2010

Jl. Presiden KH. Abdurrahman Wahid 29-A Jombang / Jl. Merdeka Nomor 29A Jombang (61413) Gedung E Lantai 2 Telpon (0321) 871761
e-mail: [email protected]

Pengantar

Mengapa Perlu Masuk Fakultas Hukum ?

Fakultas Hukum Unversitas Darul ‘Ulum Jombang didirikan 18 September 1965 bersama-sama dengan deklarasi berdirinya Universitas Darul ‘Ulum oleh DR. KH. Musta’in Romly yang dihadiri oleh Jenderal Besar TNI DR. Abdul Haris Nasuiton.

Dalam sejarah perkembangannya Fakultas Hukum Universitas Darul ‘Ulum telah melahirkan ribuan alumni yang berkiprah dalam berbagai lapangan profesi hukum, seperti: hakim. jaksa, advokat/pengacara, notaris, polisi, dan lapangan perkerjaan lain yang membutuhkan keahlian hukum, seperti dosen, pegawai negeri sipil, militer, karyawan swasta, politisi dan sebagainya.

Selain menerapkan Tridarma Perguruan Tinggi, capaian kurikulum Fakultas Hukum Universitas Darul ‘Ulum adalah melahirkan Sarjana Hukum (SH) yang mempunyai kompetensi di bidang Hukum didasarkan pada Filsafat Trisula yang inti ajarannya menjadikan manusia “Berotak London dan berdada (berhati) Masjidil Haram” yaitu manusia yang mengedepankan keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan iman dan taqwa (IMTAQ).

Baca Juga:  Pemkab Tanbu diduga Turunkan Jabatan Eselon Puluhan Pegawainya

Sebagai suatu Negara Hukum, Indonesia membutuhkan lebih banyak Sarjana Hukum (SH) yang mampu mengawalnya agar Supermasi Hukum dapat benar-benar ditegakkan untuk mewujudkan kesejahteraan segenap bangsa Indonesia. Hampir semua aspek kehidupan membutuhkan institusi (lembaga) hukum, dan oleh sebab itu akan membutuhkan kehadiran para Sarjana Hukum (SH).

Selain itu, arah kebijakan pembangunan Nasional yang berorientasi pada sektor industri dan perdagangan, serta semakin meningkatnya peran Indonesia dalam percaturan Global (Internasional) yang ditingkahi oleh dinamika sosial politik dalam negeri yang sangat fluktuatif akan membutuhkan hadirnya Sarana Hukum (SH) yang piawai dan mampu memberikan pencerahan terhadap terciptanya kepastian hukum dalam rangka penguatan Masyarakat Madani (Civil Society) yang demokratis.

Dalam perspektif itulah lapangan pekerajaan dan profesi yang dapat diisi oleh para Sarjana Hukum (SH) menjadi sangat luas, dan tidak salah apabila anda menjatuhkan pilihan untuk memasuki Fakultas Hukum khususnya untuk menjadi bagian dari Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Darul ‘Ulum Jombang.
Kurikulum.

Selaras dengan perkembangan pendidikan dan perkembangan masyarakat di Indonesia, maka kurikulum Program Studi Strata 1 (S-1) Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Darul ‘Ulum berorientasi pada kepentingan pasar yang merupakan pemangku kepentingan (stakeholders) hukum didasarkan pada model pendidikan yang berbasis kompetensi.

Baca Juga:  Security PT TIA Di Polisikan Buntut Usir Wartawan Dalam Peliputan

Untuk mencapai tujuan tersebut maka mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Darul ‘Ulum diarahkan menguasai bidang-bidang yang menjadi minatnya, yaitu :

  1. Konsentrasi Hukum Pemerintahan;
  2. Konsentrasi Hukum Kenegaraan;
  3. Konsentrasi Hukum Bisnis;
  4. Konsentrasi Hukum Keperdataan;
  5. Konsentrasi Hukum Pidana;
  6. Konsentrasi Hukum Acara (Peradilan);

Sistem dan Jangka Waktu Program :

Nama-nama Guru Besar dan Dosen Pengajar di UNDAR – JOMBANG

Penyelengaraan Program S-1 Fakultas Hukum Universitas Darul ‘Ulum menggunakan Sistem Semester (SKS) dengan beban 144 s/d 150 SKS yang akan diberikan SECARA PAKET 20-24ks per semester. Dengan demikian diharap seluruh mata kuliah Program Studi Ilmu Hukum tersebut dapat ditempuh dalam kisaran waktu antara tujuh sampai delapan semester.

  1. Prof. Dr. Mr. Soetojo P., S.H.
  2. Prof. Dr. Philipus Mandiri Hadjon, S.H.
  3. Prof. Dr. Suharnan, M.S.
  4. Prof. Dr. Tadjoer Ridjal, M.Pd.
  5. H. Lukman Hakim Musta’in, S.H., M.Hum.
  6. H. Imam Suhadi Ahmad, S.H., M.Hum.
  7. HM. Mudjib Musta’in, S.H., M.Si.
  8. H. Romlan Prasdjo, S.H., M.Hum.
  9. H. Moh. Adib, S.H., M.S.
  10. Tri Susilowati, S.H., M.Hum.
  11. Dr. H. Sholih Mu’adi, S.H., M.Si.
  12. H. Musta’in Hasan, SH.,M.Hum.
  13. H. Syaiful Bahri, SH., M.Hum.
  14. Ahmad Dardiri, S.H., M.Hum.
  15. H.Moh Djuma’in, S.H.
  16. KH. Tamim Romly, S.H., M.Si.
  17. HM. Ibnu Taufiq, S.H., M.Hi.
  18. H.Hartono, S.H., M.Hum.
  19. HM. Luthfi Husni S.H., M.Hum.
  20. Sahal Afhami, S.H., M.H.
  21. Hj.Rini Winarsih, S.H., M.Kes.
  22. H. Moh. Rafi’i Musy, S.H., M.Hum.
Baca Juga:  BUMN Watch Kecam PLN Lakukan Pemutusan Listrik Saat Covid-19

Rektor : H. Lukman Hakim Musta’in, S.H., M.Hum. NPP : 850 010 001

Dekan : H. Imam Suhadi Ahmad, S.H., M.Hum. NIP : 130 937 981

Persyaratan Pendaftaran :

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan;
  2. Menyerahkan Copy Ijazah/STTB, yang dilegalisir rangkap 3;
  3. Menyerahkan pas foto terbaru 3 X 4 sebanyak lembar dan 4 x 6 lembar;
  4. Bagi mahasiswa pindahan persyaratan tersebut ditambah dengan surat keterangan pindah dari Perguruan Tinggi asal dilengkapi dengan rekomendasi Kopertis bagi yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta Status Akreditasi setara, daftar nilai Akademik/Transkrip.

Tempat Pendaftaran Dan Waktu Perkuliahan :

  1. Sekretariat Pendaftaran Mahasiswa Baru Undar : Setiap hari kerja Senin s/d Minggu (Hari Jumat Libur) Jam 08.00-13.00. WIB
  2. Kantor Fakultas Hukum Undar: Setiap hari kerja Senin s/d Kamis Jam 08.00-14.00. WIB; Sabtu dan Minggu Jam 08.00 s/d 16.00 WIB.

Alamat Kampus :
Jl. Presiden KH. Abdurrahman Wahid 29-A Jombang/Jl. Merdeka Nomor 29 A Jombang 61413 Gedung E lantai 2 ((321) 871761
E-mail : [email protected]





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top