Senin, Oktober 22Menyuarakan Suara Rakyat Kalimantan

Rencana Bawaslu Memanggil Kelapa Daerah se-Riau Dipertanyakan

Foto Reinhard Parapat

JAKARTA – Ketua umum Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) Reinhard Paratapat menilai langkah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) provinsi Riau yang kan memanggil seluruh Kepala daerah yang memberikan dukungan kepada Jokowi terlalu berlebihan.

Langkah Bawaslu itu dinilai Reinhard sebagai bentuk over acting lembaga yang bertugas mengawasi pelanggaran Pemilu tersebut.

“Kenapa hanya Bawaslu Riau yang akan memanggil Kepala daerah yang memberikan dukung pada Jokowi,” katanya Kamis (11/10/2018).

Padahal, lanjut Reinhard, banyak Kepala daerah provinsi lainnya yang telah memberikan dukungan pada Jokowi.

loading...

“Sebelumnya Kepala daerah di Jatim, Papua, Sumbar juga memberikan dukungan pada Jokowi,” tegasnya.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan mengaku akan memanggil gubernur terpilih Syamsuar dan bupati/walikota se-Riau. Pemanggilan tersebut diputuskkan setelah melalui pembahasan dalam Rapat Pleno Bawaslu Riau malam ini, Rabu (10/10/2018).

“Terkait gubernur terpilih dan bupati/walikota se-Riau yang menandatangani pernyataan dukungan kepada salah satu capres/cawapres Pemilu 2019, Bawaslu Riau akan segera memanggil gubernur terpilih serta beberapa orang bupati/walikota se-Riau,” jelas Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan.

Pemanggilan dilakukan karena Bawaslu merasa perlu menanyakan beberapa hal terkait kehadiran mereka dalam kegiatan Deklarasi dukungan yang dilaksanakan oleh Projo di Hotel Arya Duta.

Meteri pemanggilan kata Ketua Bawaslu Riau, akan difokuskan kepada kemungkinan terpenuhinya unsur pidana, khususnya pasal pejabat negara yang melakukan tindakan menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu.

“Sesuai UU Nomor 7 tahun 2017 dengan ancaman hukuman penjara maksimal dua tahun dan denda Rp24 juta. Disamping itu juga kita akan lihat kemungkinan pelanggaran terhadap penggunaan fasilitas negara dengan ancaman hukuman yang sama atau bisa juga pelanggaran terhadap keduanya.

Sebelumnya, Gubernur Riau terpilih, Wakil gubernur dan seluruh Kepala daerah mendukung capres Jokowi-Ma’ruf Amin. Mereka yang menadatangai dukungan itu yakni; Bupati Siak Syamsuar yang juga merupakan Gubernur Riau terpilih dengan Wakil Gubernur Riau terpilih Edy Natar Nasution, Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Wali Kota Dumai Zulkifli As.

Selanjutnya, Bupati Rokan Hilir Suyatno, Bupati Indragiri Hilir Wardan, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, dan Bupati Rokan Hulu Sukiman, Bupati Kampar Azis Zaenal, Bupati Meranti Irwan Nasir, Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto, Bupati Kuantan Singingi Mursini, dan Bupati Pelalawan M Harris.

Bagikan via:

Tinggalkan Balasan

error: Maaf dilarang mengcopy-paste!

Klik gambar di atas untuk menutup iklan