Rabu, Desember 12Menyuarakan Suara Rakyat Kalimantan

Pra Mubes Penuntutan Pemekaran Kabupaten Gambut Raya Dilaksanakan Juli 2018

SUAKA-MARTAPURA. Perjuangan Pembentukan menuju Pemekaran Kabupaten Gambut Raya memisahkan dari kabupaten induk yakni Kabupaten Propinsi Kalimantan Selatan terus dilakukan. Pasalnya, Panitia Pelaksana Musyawarah Besar (MUBES) Ke II Penuntutan Pemekaran Kabupaten Gambut Raya dalam rapat kerja, Sabtu malam (10/3) dapat memgambil sebuah keputusan akan melaksanakan Pra MUBES tersebut pada awal bulan Juli tahun ini.

Usai rapat terbatas, Sabtu malam (10/03), Ketua Panitia Pelaksana MUBES Ke II Penuntutan Pemekaran Kabupaten Gambut Raya, DR. H. M Suriani Shiddiq, M.Si mengatakan, pihaknya sepakat MUBES Akbar Ke II Panitia Penuntutan Pemekaran Kabupaten Gambut Raya ini akan dilaksanakan sesudah Pemilu 2019. “Tanggal 1 Juli 2018 ini kita akan melaksanakan Pra Mubes, untuk Mubes Akbarnya kita laksanakan seusai Pemilu 2019. Ini semua untuk menghindari resistensi politik dan menjaga marwah Mubes itu sendiri.” ujar Dosen UI Jakarta ini dalam paparan nya kepada wartawan, Sabtu malam (10/3) di sebuah Cafe Angkringan delapan Komplek Palapan Permai Kertak Hanyar.

Di dampingi beberapa tokoh Gambut Raya lainnya, seperti Aspihan Ideris SAP SH MH, Dr H Muhari S.Ag MI.Kom, Riduan SP, Sapriansyah S.Ag, Andi Nurdin SH dan lainnya, ia mengatakan semua ini dilakukan untuk mematangkan perhelatan tersebut, maka dari itu akan digelarlah Pra Mubes dengan agenda pemilihan Panitia Penuntutan Pemekaran Kabupaten Gambut Raya. “Jadi ada waktu satu tahun panitia penuntutan bekerja menyiapkan kelengkapan persyaratan pendirian sebuah daerah pemekaran baru” ujarnya.

loading...

Sekretaris Panitia Pelaksana Aspihani Ideris SAP SH MH menambahkan, dalam pelaksanaan Pra Mubes nantinya akan dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk warga yang sangat mendambakan terbentuknya Kabupaten Gambut Raya. Ia optimis Kabupaten baru ini akan terbentuk sekitar 2022, diketika kran pemekaran sudah dibuka oleh Pusat. ” mohoh do’a dan dukungan semua lapisan, semoga cita-cita mulia ini dapat terwujud” harapnya

Dari itupula, aktor Pemrakarsa Pemekaran Kabupaten Gambut Raya ini mengharap kan kepara lapisan masyarakat di 6 kecamatan yang termasuk wilayah Gambut Raya untuk bisa menghadiri agenda Pra Mubes yang akan dilaksanakan, “Minggu 1 Juli 2018 Pra MUBES Penyusunan Panitia Penuntutan Pemekaran Kabupaten Gambut Raya akan dilaksanakn, dari itu kami harapkan nantinya kedatangan semua tokoh yang peduli dan berkeinginan Gambut Raya menjadi kabupaten sendiri,” papar Aspihani.

Selanjutnya, Aspihani menyatakan, untuk tempat pelaksanaan Pra Mubes penyusunan Kepanitiaan Pembentukkan dan Penuntutan Pemekaran Kabupaten Gambut Raya akan diberitahukan menjelang pra musyawarah dilaksanakan, “Insya Allah di bulan Mei dan paling tidak pertengahan Juni 2018 Undangan akan kami sampaikan kepada semua peserta Pra MUBES,” imbuhnya.

Sebelumnya diketahui, hasil dari Rapat Koordinasi rencana Pemekaran Kabupaten Gambut Raya di ‘Rumah Makan Banua’ jalan Pemajatan Kilometer 1,700 Gambut, Minggu (27/8/2017) menghasilkan terbentuknya tim 9 guna menghantarkan terbentuknya Panitia Pelaksana MUBES guna menyusun kepanitiaan penuntutan pemekaran Kabupaten Gambut Raya.

loading...

Adapun tim 9 tersebut yakni, Dr H Pangeran Abidinsyah S.Sos MM (Pjs Panitia Pemekaran), H Aspihani Ideris SAP SH MH (Unsur penggagas/pemrakarsa), H Hanafi Arief SH MH PhD dan Dr MS Shiddiq SAg, MSi (Unsur akademisi), Ir H Ariffin Noor MT (Unsur eksekutif Provinsi) Masrur Auf Ja’far SH MKn (Unsur ), HM Yunani D SE dan H Jum’ani Shabran SH (Unsur Kabupaten Banjar) serta Sapriansyah SAg (Unsur pambakal/kepala desa).

Penulis : Fauzi Noor
Redaktur : Kastalani Ideris
Editorial : Suhaimi

Bagikan via:

Tinggalkan Balasan

error: Maaf dilarang mengcopy-paste!