Rabu, Desember 12Menyuarakan Suara Rakyat Kalimantan

Mendes Tekankan Projo Pastikan Pembangunan Desa Tercapai

SUAKA-JAKARTA. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa, PDTT) Eko Putro Sandjojo, hadir sebagai pembicara dalam acara Relawan Pro Jokowi (Projo), dengan tema Bangun Desa Rakyat Sejahtera.

Dalam acara tersebut Menteri PDTT itu bertukar pikiran dengan Relawan Projo terkait program menteri PDTT mengenai hasil apa yang sudah telah tercapai dan apa yang belum tercapai dalam pembangunan desa.

“Saya berharap relawan projo ini bisa membantu ikut mensosialisasikan program-program dari kementerian desa dan ikut bersama-sama mengawal dan memastikan bahwa program itu bisa diperbaiki lebih baik lagi,” kata Eko di Hotel Sahid, Kawasan Sudirman, Jakarta, Sabtu, (10/3).

loading...

Menurutnya, dalam membangun desa tidak mudah seperti membalikan telapak tangan, akan tetapi ia yakin dengan komitmen Presiden Jokowi dan sejumlah menteri dan semua komponen masyarakat akan terwujud dengan sukses.

“Dengan komitmen bapak presiden dengan resource yang besar dan didukung oleh semua menteri dan semua kompomem masyarakat kita bisa melihat bahwa tiga tahun ini terjadi pemurunan lebih dari 10 persen penurunan angka kemiskkinan di desa juga lebih besar dari pada di kota 4,5 persen, walaupun kemiskinan di desa masih lebih besar,” ujarnya.

Selain itu hal tersebut juga mendapat perhatian dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yang memberi penghargaan kepada Menteri Desa PDTT, karena dengan dana desa itu mampu memberikan bantuan untuk pembangunan dalam bidang infrastruktur.

“Kita lihat juga dua hari yang lalu kita mendapatkan penghargaan dari MURI yang pertama adalah dana desa ini mampu membangun infrastruktur dan memecahkan rekor dalam 72 tahun indonesia merdeka,” tukasnya.

loading...

Lebih jauh, ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah menggalang dukungan dari semua stakeholder dalam program kepala desa (prokades) dengan menghimpun 102 Bupati dan 69 perusahaan untuk melakukan kerjasama dengan membagun Cluster ekonomi di lebih 200 proyek yang totalnya sampai 47 Triliun.

Oleh karena itu ia pun berharap agar hal tersebut bisa menyerap tenaga kerja yang banyak dan diharapkan bisa membantu mengurangi kemiskinan dengan lebih cepat dan mengurangi desa-desa tertinggal dengan lebih cepat.

“Nah tadi saya juga minta dukungan dari kawan-kawan relawan projo untuk mensosialisasikan dan berperan aktif bisa berpartisipasi misalnya ikut membentuk usaha pasca panen di desa-desa itu akan sangat membantu masyarakat, nanti juga akan membantu,” tandasnya. (Tim)

Bagikan via:

Tinggalkan Balasan

error: Maaf dilarang mengcopy-paste!