SHOPPING CART

close

PASKIBRA Nunukan Raih Rekor MURI di HUT Ke 72 Kemerdekaan RI

SUAKA – NUNUKAN.  Upacara bendera memperingat HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Dermaga Pos Perbatasan Sungai Pancang, Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara sukses mencatatkan Rekor Museum Indonesia (MURI), Rabu (17/8/2017).

Catatan rekor MURI ini berdasarkan dari 1.474 Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang ambil bagian dalam detik-detik pengibaran bendera tersebut.

Momen bersejarah bagi Indonesia bahkan dunia ini dilaksanakan orang-orang perbatasan RI-Malaysia diprakarsai komunitas pemuda pemudi Gebyar Aku Cinta Indonesia (GACI) Sebatik.

loading...

Mereka datang dari berbagai elemen masyarakat sipil maupun militer seperti pelajar SD, SMP, SMA, LSM, Organisasi Massa, Anggota Polisi, TNI, PNS, Guru, Para Sukarelawan dan banyak lainnya. Anggota Paskibra berada sepanjang dua jembatan dermaga yang panjangnya lebih dari 3 kilometer dan terdapat 76 tiang bendera dimana setiap tiang dihuni 30-50 Paskibra.

Bertindak sekalu Inspektur Upacara Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. Mendes PDTT menyerahkan bendera Merah Putih kepada pengibar bendera yang berada di atas ponton.

Sebelumnya, Mendes PDTT Eko Putor menaiki kapal karet dari dermaga ke ponton yang posisinya di tengah perairan Indonesia. Usai menyerahkan bendera, Eko kembali menuju ke dermaga pos perbatasan melanjutkan upacara bersama jajaran pejabat daerah, anggota serta sejumlah pejabat dari Jakarta.

Usai upacara, Menteri Eko menyaksikan penyerahan piagam rekor Paskibra terbanyak dari Senior Manager MURI Awan Raharjo kepada Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, Dandim Letkol Valian, Danlanal Letkol (L) Ary Aryono, AKBP Jepri Yuniardi, Ketua DPRD H Dani serta Ketua Gebyar Aku Cinta Indonesia (GACI) Agus Salim. “Peringatan kemerdekaan tahun ini komitmen saya merayakannya bukan di Jakarta, tapi di daerah. Tahun lalu di (Kabupaten) Belu perbatasan Timor Leste, tahun ini di Sebatik (Nunukan),” katanya.

loading...

Terkait hal tersebut Menteri Eko mengaku ingin menunjukkan hadirnya negara di tengah masyarakat yang tinggal di daerah tertinggal dan perbatasan. Menurutnya, upaya membangkitkan semangat dan antusiasme masyarakat desa adalah hal paling penting, selain memberikan program dan biaya. “Tanpa partisipasi masyarakat tidak mungkin efektif, kita ingin membangunkan semangat mereka, bahwa negara ada untuk mereka yang ingin maju. Selama ada komitmen dari masyarakat desa kita dukung,” tegasnya.

Sementara, Senior Manager MURI Awan Raharjo menyatakan kehadiran MURI di tengah-tengah pemecahan rekor ini merupakan fenomenal bagi bangsa Indonesia, khususnya warga perbatasan Sebatik. “ mencatat peristiwa fenomenal pemecahan rekor tidak hanya secara nasional namun ini merupakan rekor dunia,” katanya.

Awan Raharjo, menambahkan penilaian MURI ini berdasarkan kuantitas keikutsertaan ribuan Paskibra di pulau Sebatik dan belum terjadi sebelumnya di negara manapun. “Belum ada peringatan kemerdekaan dengan 1.474 Paskibra. Sebatik mencatat sejarah fenomenal ini, ” katanya usai penyerahan piagam MURI. (TIM)

Bagikan via:
loading...
Tags:

0 thoughts on “PASKIBRA Nunukan Raih Rekor MURI di HUT Ke 72 Kemerdekaan RI

Tinggalkan Balasan

  • Popular
  • Most Comments
  • Lastest
2019 Jalan Sungai Durian Menuju Simpang Empat Banian Akan Kembali Di Tingkatkan
Kapuspenkum Kejagung Tegaskan Kasus Kunker DPRD Banjar Tetap Proses Hukum
Satpol PP Tangkap dan Gunduli Dua Anak Punk
LEKEM KALIMANTAN Menduga, Proyek Gedung Laboratorium Sains dan Teknologi Tala Bermasalah
Ketum KIB Saran Bentuk TIM Kasus 98 & Sambut Baik Bentuk TIM Tuntaskan Kasus Novel
Tersiar Khabar Ayam Mati Akibat Vaksinasi, Kementrian Turunkan Tim Investigasi Ke Sinjai
Melalui Program (JMS) Kejari Kapuas Berikan Penyuluhan dan Penerangan Hukum dikalangan Pelajar
Refleksi Ibadah Bersama ASN, Sarmi Papua Aman dalam Lindungan Tuhan
Kemendiknas Tindaklanjuti surat edaran KadisdikBud Prov. Kalsel, Tentang Unas Thn 2018 – 2019.
Kemensos: Agar Kegiatan Bantuan Tepat Sasaran
Cek Data Sebagai Pemilih di Pemilu 17 April 2019
Di Makkah Habib Rizieq Shihab Do’akan, Ustadz Arifin Ilham Kondisinya Membaik
Kebakaran, Langgar Bintang Panglima Batur Juga Di Lalap Api
Wakil Ketua DPRD Tanbu Angkat Bicara Terkait Rusaknya Jalan Penghubung Dua Desa di Satui
Pemkot Jakbar Gandeng Team Jatanras Polres, Amankan HBKB kota Tua
Moeldoko Minta Relawan Jokowi Pasang Baliho Jokowi-Ma’ruf Amin
Rifka Jaya Soroti Merosotnya Perekonomian Di Era Presiden Jokowi
Warga Keluhkan Jalan Penghubung di Satui Kalsel Rusak Berat
Soroti Polemik Hi-Tech Mall Surabaya, APTIKNAS JATIM Siap Berkontribusi
Kapolresta Minta Maaf Atas Pengusiran Wartawan Saat Meliput Berita
error: Maaf dilarang mengcopy-paste!
%d blogger menyukai ini: