SHOPPING CART

close

Aktifis LSM Dan Gubernur Dukung Wacana Pemindahan Ibukota Negara Ke Kalimantan

SUAKA – JAKARTA. serius untuk memindahkan ibu kota Republik Indonesia dari Provinsi DKI Jakarta. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengaku telah membahas rencana detail pemindahan ibu kota ini bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara, Senin (3/7/2017).

Dalam perbincangan terakhirnya dengan Presiden, Bambang mengatakan kajian pemindahan ibu kota, termasuk skema pendanaan, akan rampung tahun ini. “Maka tahun 2018 atau 2019 sudah mulai ada kegiatan terkait dengan pemindahan pusat administrasi pemerintahan,” kata Bambang, di kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat.

Ada beberapa aspek yang dikaji dalam pemindahan ibu kota ini. Mulai dari penentuan lokasi, estimasi pendanaan, dan tata kota. “Utamanya Bappenas yang lead (menjalankan pemindahan ibu kota) bersama Kementerian Pekerjaan Umum. Tentunya dengan kementerian lainnya,” kata Bambang

loading...

Dasar kajian pemindahan ibu kota yakni fakta bahwa pembangunan ekonomi antara di Pulau Jawa dengan pulau lainnya tidak seimbang.

Pembangunan di Pulau Jawa lebih tinggi daripada di pulau lainnya di Indonesia. Jika hasil kajian menunjukkan Ibu Kota dipindahkan ke kota lainnya, maka kantor pemerintahan saja yang dipindahkan ke sana. Di sana juga akan dibangun Kantor Presiden serta kantor kementerian. Sementara, Jakarta akan menjadi pusat bisnis serta keuangan.

Dalam hal ini menyusul wacana pemindahkan ibu kota Indinesia dari Jakarta ke Kalimantan. Pemerintah provinsi Kalimantan Timur () mengusulkan dua wilayah untuk dijadikan ibu kota pemerintah pusat yakni dan Penajam Paser Utara (PPU).

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek mengatakan, dua wilayah tersebut bisa memenuhi keinginan pemerintah. Khususnya, terkait penyediaan lahan sebesar 300 ribu ha. “Saya masukkan Balikpapan dan PPU karena Presiden mengatakan minimal 300 ribu ha. Ya memang tata ruang harus kita revisi lagi tapi untuk kepentingan negara saya pikir tata ruang bisa direvisi walaupun sudah ada perda-nya,” ujar dia, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (4/7/2017).

loading...

Seiring menggelinding panas-panasnya wacana pemindahan ibukota ini, akhirnya membuka mata para aktifis-aktifis di Kalimantan dalam sebuah dukungan wacana yang di hembuskan presiden Joko Widodo ini hingga adanya rapat koordinasi aktifis LSM Kalimantan di Balikpapan yang dilaksanakan di Balikpapan Sabtu–Minggu 15–16 Juli 2017 mendatang.

Direktur Eksekutif Lembaga Kerukunan Masyarakat Kalimantan (LEKEM KALIMANTAN), Aspihani Ideris menyambut baik atas undangan yang di sampaikan oleh LSM Kaltim terkait rapat kerja dalam pembahasan wacana pemerintah pusat untuk memindahkan ibu kota Republik Indonesia dari Provinsi DKI Jakarta ke Kalimantan, “Kita siap dukung sepenuhnya rencana pak Jokowi tersebut,” kata Aspihani kepada wartawan suarakalimantan.com, Selasa (4/7/2017).

Terlepas siap tidaknya Kalimantan Timur sebagai ibukota Negara Republik Indonesia, Aspihani mengaku tetap mendukungnya. Karena ia memaparkan, apabila Kalimantan menjadi kenyataan sebagai ibukota negara, menurutnya dapat dipastikan Kalimantan akan maju secara drastis dalam berbagai bidang, intinya baik , maupun Kaltim kita pastikan mendukungnya, dan ini sangat menguntungkan masyarakat Kalimantan sendiri,” tukasnya.

Jurnalis: Abi Wardani

loading...

Editorial: Suhaimi

Redaktur: Kastalani Ideris

loading...
Bagikan via:
loading...
Tags:

0 thoughts on “Aktifis LSM Dan Gubernur Dukung Wacana Pemindahan Ibukota Negara Ke Kalimantan

Tinggalkan Balasan

  • Popular
  • Most Comments
  • Lastest
2019 Jalan Sungai Durian Menuju Simpang Empat Banian Akan Kembali Di Tingkatkan
Kapuspenkum Kejagung Tegaskan Kasus Kunker DPRD Banjar Tetap Proses Hukum
Satpol PP Tangkap dan Gunduli Dua Anak Punk
LEKEM KALIMANTAN Menduga, Proyek Gedung Laboratorium Sains dan Teknologi Tala Bermasalah
Ketum KIB Saran Bentuk TIM Kasus 98 & Sambut Baik Bentuk TIM Tuntaskan Kasus Novel
Tersiar Khabar Ayam Mati Akibat Vaksinasi, Kementrian Turunkan Tim Investigasi Ke Sinjai
Melalui Program (JMS) Kejari Kapuas Berikan Penyuluhan dan Penerangan Hukum dikalangan Pelajar
Refleksi Ibadah Bersama ASN, Sarmi Papua Aman dalam Lindungan Tuhan
Kemendiknas Tindaklanjuti surat edaran KadisdikBud Prov. Kalsel, Tentang Unas Thn 2018 – 2019.
Kemensos: Agar Kegiatan Bantuan Tepat Sasaran
Cek Data Sebagai Pemilih di Pemilu 17 April 2019
Di Makkah Habib Rizieq Shihab Do’akan, Ustadz Arifin Ilham Kondisinya Membaik
Kebakaran, Langgar Bintang Panglima Batur Juga Di Lalap Api
Wakil Ketua DPRD Tanbu Angkat Bicara Terkait Rusaknya Jalan Penghubung Dua Desa di Satui
Pemkot Jakbar Gandeng Team Jatanras Polres, Amankan HBKB kota Tua
Moeldoko Minta Relawan Jokowi Pasang Baliho Jokowi-Ma’ruf Amin
Rifka Jaya Soroti Merosotnya Perekonomian Di Era Presiden Jokowi
Warga Keluhkan Jalan Penghubung di Satui Kalsel Rusak Berat
Soroti Polemik Hi-Tech Mall Surabaya, APTIKNAS JATIM Siap Berkontribusi
Kapolresta Minta Maaf Atas Pengusiran Wartawan Saat Meliput Berita
error: Maaf dilarang mengcopy-paste!
%d blogger menyukai ini: