Selasa, November 13Menyuarakan Suara Rakyat Kalimantan

Kemenlu RI Siap Bantu Polisi Pulangkan Habib Rizieq Shihab Ke Indonesia

SUAKA – YOGYAKARTA. Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengatakan pihaknya siap memfasilitasi kepolisian dalam memulangkan Imam Besar Front Pembela (FPI) Habib Rizieq Shihab apabila kepolisian telah menerbitkan “red notice” atau pernyataan buronan internasional. “Apabila Kepolisian mengeluarkan red notice kami akan mengkomunikasikan kepada negara yang bersangkutan,” kata Fachir di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu (10/5)

Menurut Fachir, apabila “red notice” sudah diterbitkan seluruh kepolisian di berbagai negara yang telah menjadi anggota interpol harus bersedia bekerja sama membantu kepolisian Indonesia untuk menjemput imam besar FPI ini. “Red notice kan sifatnya kerja sama antarnegara yang memang sudah menjadi norma internasional,” kata dia.

Selama ini, menurut dia, Kemenlu selalu memfasilitasi setiap instansi yang sedang menangani kasus tertentu terkait hubungan luar negeri. Namun khusus untuk kasus Habib Riziq Sihab hingga saat ini belum ada permintaan dari Mabes Polri ke Kemenlu RI.

“Sejauh ini belum ada. Tentu kalau nanti ada permintaan dari penegak kami akan tindaklanjuti secepatnya, itu tergantung pada penegak hukumnya,”. Meski demikian, Kemenlu, menurut dia, akan terus memantau keberadaan Rizieq Shihab berdasarkan informasi yang diperoleh dari kepolisian itu sendiri. (TIM)

Bagikan via:

Tinggalkan Balasan

error: Maaf dilarang mengcopy-paste!

Klik gambar di atas untuk menutup iklan