SHOPPING CART

close

Akibat Kebijakannya, Warga Gugat Gubernur Kalsel

SUAKA – . Atas kebijakan berlandaskan penegakan PERDA hingga berujung pemortalan hauling poros Margasari – Marabahan lewat Surat Keputusan (SK) Gubernur Nomor 503/56/DPMPTSP/II/2017, tertanggal 16 Februari 2017 berimbas objek gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) . Bukan hanya itu, penutupan akses jalan khusus tambang itu juga akan digugat oleh Lembaga Kerukunan Masyarakat Kalimantan (LEKEM) melalui LBH LEKEM KALIMANTAN berencana menggugat ke Pengadilan Negeri Rantau dan Pengadilan Negeri Marabahan dan bahkan mau menggugat ke Mahkamah Konstitusi serta melaporkan nya ke Mendagri di Jakarta.

Adanya dua gugatan ini secara perdata dan tata usaha negara ini bermuara dengan terbitnya SK Gubernur yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang memberikan dispensasi pelintasan (crossing) jalan provinsi untuk angkutan tambang di Kalimantan Selatan bagi PT Talenta Bumi.

loading...

Kuasa menggugat Pemprov Kalsel, Deddy Catur Yulianto mewakili empat warga atas nama Sabirin Yahya, warga Barambai Kolam Kiri, Kabupaten Batola, dan Wahyudin (warga Jalan Simpang Belitung Muallimat, Banjarmasin), Slamet Mulyono (warga Barambai, Batola), dan Ahmad Syah (warga Marabahan, Batola) menjadi penggugat I, II, III dan IV di PTUN Banjarmasin dengan dasar gugatan adalah kerugian yang diakibatkan dispensasi melintas di jalan negara dijadikan Deddy Catur Yulianto dan kawan-kawan, karena harus merujuk ke Perda Nomor 3 Tahun 2012 tentang Jalan Khusus.

Menanggapi gugatan itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor S.Sos MH mengaku terkejut atas adanya gugatan warga. Ia baru tahu adanya informasi gugatan itu dari berita di media massa. “Wah, saya tidak tahu kalau digugat warga. Yang pasti, masalah itu saya serahkan ke Biro Hukum Setdaprov Kalsel,” ujar Paman Birin santai kepada wartawan, usai Rapat Paripurna di Kalsel di Banjarmasin, Selasa (28/2/2017).

Dengan adanya gugatan yang dilakukan warga ini, Paman Birin (Panggilan Akrab Gubernur Kalsel) tidak kaget dan tak banyak memberikan komentar soal adanya gugatan hukum dari warga lintas daerah itu. Begitupula, soal desakan agar portal segera dibuka dari dua aksi demonstrasi yang dilakukan LSM LEKEM KALIMANTAN bersama karyawan tambang di DPRD Kalsel di Banjarmasin (Kamis, 23/2) dan kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru (Senin, 27/2).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Kerukunan Masyarakat Kalimantan (LEKEM KALIMANTAN), Aspihani Ideris SAP SH MH mengatakan, pihaknya bersama para pengacara yang tergabung di LBH LEKEM KALIMANTAN akan melayangkan gugatan perdata atau gugatan warga (class action) ke Pengadilan Negeri Rantau dan Pengadilan Negeri Marabahan. 

loading...

Bahkan pula menurut Aspihani, pihaknya juga akan melakukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi dan melaporkan kebijakan Gubernur ke Mendagri, apabila portal tidak dilepas dalam waktu seminggu ini. “Saat ini, materi gugatan sudah disusun oleh kawan-kawan TIM LBH LEKEM KALIMANTAN. Apabila portal tidak lepas juga dalam seminggu ini, kami secepatnya akan mendaftarkan gugatan ke PN Rantau dan PN Marabahan, selanjutnya kami akan lakukan uji materi ke MK serta melaporkan ke Mendagri” imbuhnya. 

Terkait gugatan di PTUN Banjarmasin yang telah dilakukan oleh pengacara dari Surabaya, Aspihani beranggapan bahwa mereka itu sama dengan istilah “memancing di air keruh”, karena mereka itu kata Aspihani tidak pernah ada koordinasi sama sekali dengan pihak LEKEM KALIMANTAN, walaupun melaporkan seseorang itu hak dari seorang warga negara. (A.Misran H)

Bagikan via:
loading...
Tags:

0 thoughts on “Akibat Kebijakannya, Warga Gugat Gubernur Kalsel

Tinggalkan Balasan

  • Popular
  • Most Comments
  • Lastest
2019 Jalan Sungai Durian Menuju Simpang Empat Banian Akan Kembali Di Tingkatkan
Kapuspenkum Kejagung Tegaskan Kasus Kunker DPRD Banjar Tetap Proses Hukum
Satpol PP Tangkap dan Gunduli Dua Anak Punk
LEKEM KALIMANTAN Menduga, Proyek Gedung Laboratorium Sains dan Teknologi Tala Bermasalah
Ketum KIB Saran Bentuk TIM Kasus 98 & Sambut Baik Bentuk TIM Tuntaskan Kasus Novel
Tersiar Khabar Ayam Mati Akibat Vaksinasi, Kementrian Turunkan Tim Investigasi Ke Sinjai
Melalui Program (JMS) Kejari Kapuas Berikan Penyuluhan dan Penerangan Hukum dikalangan Pelajar
Refleksi Ibadah Bersama ASN, Sarmi Papua Aman dalam Lindungan Tuhan
Kemendiknas Tindaklanjuti surat edaran KadisdikBud Prov. Kalsel, Tentang Unas Thn 2018 – 2019.
Kemensos: Agar Kegiatan Bantuan Tepat Sasaran
Cek Data Sebagai Pemilih di Pemilu 17 April 2019
Di Makkah Habib Rizieq Shihab Do’akan, Ustadz Arifin Ilham Kondisinya Membaik
Kebakaran, Langgar Bintang Panglima Batur Juga Di Lalap Api
Wakil Ketua DPRD Tanbu Angkat Bicara Terkait Rusaknya Jalan Penghubung Dua Desa di Satui
Pemkot Jakbar Gandeng Team Jatanras Polres, Amankan HBKB kota Tua
Moeldoko Minta Relawan Jokowi Pasang Baliho Jokowi-Ma’ruf Amin
Rifka Jaya Soroti Merosotnya Perekonomian Di Era Presiden Jokowi
Warga Keluhkan Jalan Penghubung di Satui Kalsel Rusak Berat
Soroti Polemik Hi-Tech Mall Surabaya, APTIKNAS JATIM Siap Berkontribusi
Kapolresta Minta Maaf Atas Pengusiran Wartawan Saat Meliput Berita
error: Maaf dilarang mengcopy-paste!
%d blogger menyukai ini: