Rabu, Juli 18

Pelantikan Pengurus LSM GEPAK Jadi Sorotan Aktivis Kalimantan

SUAKA – . Kalimantan Selatan saat ini disinyalir merupakan daerah terbanyak terbentuknya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan saat ini terbentuk lagi satu LSM yang bernama Gerakan Pemuda Asli Kalimantan yang disingkat GEPAK. Hari ini Sabtu, 14 Januari 2017 dilaksanakan pelantikan pengurus DPW dan DPC se LSM Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) di Gedung Mahligai Pancasila .

Anang Misran Hidayatullah alias H. Anang Bidik merupakan salah satu yang ikut serta dalam pelantikan LSM Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) membenarkan bahwa hari telah dilaksanakan pelantikan kepengurusan Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK), dan saya salah satu yang ikut dilantik sebagai Ketua DPC Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) Kota Banjarmasin, ujar Anang Bidik.

“Saya hari ini ikut dilantik mas, dan Alhamdulillah saya dipercayakan sebagai Ketua DPC Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) Kota Banjarmasin”, kata H Anang Bidik akunya usai pelantikan Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Menurut H. Anang Bidik, dalam pelantikan ini pihak kami langsung dilantik oleh Ketua Pengurus Besar Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK), bapak  Abraham Inan dari Kelimantan Timur, katanya.

Kepala Staf Menwa Kalimantan Selatan, Jamaluddin S.Pd.I, angkat bicara, dia berharap kepengurusan Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) yang dilantik hari ini bisa berbuat dengan masyarakat dan Ormas lainnya, ujarnya.

“Sebagai lembaga yang baru lahir di Kalimantan Selatan tentunya harus bisa berkolaborasi baik dengan masyarakat, LSM ataupun OKP maupun organisasi yang ada di Kalimantan Selatan, karena walaupun Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) ini sudah lama lahir namun saat ini dipandang sebuah LSM yang hanya memfocos kan ke arah bisnis semata,” kata Jamaluddin kepada wartawan Suara Kalimantan.

Senada juga H. Muhammad Hasan, Ketua Umum Pemuda Indonesia menyampaikan, LSM Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) harus bisa beradaptasi dengan masyarakat dan lembaga ormas yang ada di Kalsel,  dan juga harus berani mengkritisi secara terbuka berbagai perkara korupsi di Kalimantan, jangan hanya tidur yang kita lihat selama ini, katanya.

Menurut H. Muhammad Hasan bahwa keberadaan LSM Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) di Kalimantan Selatan ini harus jeli keberpihakannya terhadap masyarakat, jangan sampai berdiri hanya sebagai benteng bagi para pengusaha, ujar aktivis senior Kalimantan Selatan ini.

Ketua Umum Aliansi Jaringan Anak Kalimantan (AJAK), Aspihani Ideris SAP SH MH, mengucapkan selamat atas dilantik kepengurusan Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) di Kalimantan Selatan, namun dia berharap kepengurusan yang baru dilantik harus benar-benar jeli dan cermat bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat, karena kan yang namanya LSM ini merupakan sebuah lembaga kontrol sosial, ujarnya.

Menurut Aspihani Ideris, keberadaan Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) di banua Lambung Mangkurat ini diharapkan bisa memberikan sumbang sih yang positif terhadap masyarakat dan juga harus bisa mengkritik kebijakan yang tidak berpihak dengan masyarakat, ujar aktifis LSM yang gencar melaksanakan demontrasi ini.

“Kualitas SDM dalam kepengurusan juga perlu diutamakan dalam struktural kepengurusan, agar mereka bisa menyimak dengan cermat semua persoalan yang ada di banua ini. Pendidikan yang tinggi tidak menjamin SDM nya berkualitas, namun pengalaman dalam berorganisasi bisa sebagai guru, guna menyimak berbagai permasalahan dan aspirasi yang ada”, kata Aspihani.

Senada juga, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga (PPM) Kalimantan Selatan, Syahmardian S.ST menyatakan bahwa Sumber Daya Manusia pimpinan sebuah lembaga harus diutamakan, ujarnya.

“Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan tehnologi saat ini, maka kualitas SDM yang dimiliki oleh pimpinan sebuah lembaga harus memadai, jika tidak atau SDM nya rendah tentu ini berpengaruh pada jalannya roda organisasi, apalagi terkait dengan program kerja yang berpihak pada masyarakat luas. Namun diharapkan, terkait Ketua Wilayah Kalsel LSM Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) ini mudah-mudahan memenuhi kreteria memiliki SDM yang berkualitas, ucap singkat Syahmardian kepada beberapa wartawan yang ada saat itu di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin. (TIM)

Bagikan via:

Baca Juga:





One Comment

Tinggalkan Balasan

error: Maaf dilarang mengcopy-paste!
%d blogger menyukai ini: