Selasa, Agustus 14

Desember 2016 Kebun Raya Katingan di Resmikan

SUAKA – KASONGAN. Kebun Raya Katingan yang terletak di Desa Bukit Batu, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan bakal diresmikan oleh daerah setempat awal Desember 2016.
Menurut pengelola Kebun Raya Katingan, Krisolit Elbaar bahwa Kebun Raya Katingan yang berada di Kasongan ini akan diresmikan oleh Bupati Katingan di awal Desember 2016, ujar nya kepada wartawan Suara Kalimantan, Minggu (30/10).

Menurut Krisolit Elbaar yang juga menjabat Kepala Dinas Kehutanan, saat ini pihaknya masih melakukan pembangunan finalisasi, baik gapura pintu gerbang masuk, maupun jalan menuju Kebun Raya Katingan yang lokasinya persis berada di sekitar Obyek Wisata Bukit Batu, jelasnya.

“Rencana yang terjadwal di awal Desember 2016 ini bapak Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie akan me-launching dan meresmikan Kebun Raya Katingan,” ujar Krisolit Elbaar.

Pengunjung atau wisatawan yang hendak masuk Kebun Raya Katingan bakal dikenai tarif retribusi guna meningkatkan PAD Kabupaten Katingan dari sektor karcis pengunjung Kebun Raya ini, cetus Krisolit Elbaar.

Menurut dia, Kebun Raya Katingan ini nantinya akan memberikan pelayanan pemasyarakatan ilmu pengetahuan dalam bidang konservasi tumbuhan dan introduksi tumbuhan, khususnya tumbuhan buah-buahan.

Dijelaskan nya, bahwa Kebun Raya Katingan ini memiliki luas 127 hektar. Saat ini sudah ada ratusan jenis tanaman buah asli atau khas Pulau Kalimantan dan Bupati Ahmad Yantenglie pernah mengatakan bakal akan memperluas areal Kebun Raya Katingan ini hingga menjadi lebih dari 1.000 hektar, kata Krisolit Elbaar.

Mengenai pencadangan areal lokasinya sudah ada dengan mencapai luas seribu hektar lebih, dan wacana Kebun Raya Katingan ini nantinya akan menjadi yang terbesar di seluruh dunia,” harapnya. (TIM)

Bagikan via:

Baca Juga:





Tinggalkan Balasan

error: Maaf dilarang mengcopy-paste!