Rabu, April 25

2017 Pemkab Kapuas Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Batanjung

pelabuhan-batanjung

SUAKA – Proses kelanjutan pembangunan Pelabuhan Batanjung yang terletak di Desa Lupak Dalam / Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas , mulai titik terang, buktinya Dishubkominfo Kabupaten Kapuas dan rombongan melakukan pengecekan ke Pelabuhan Batanjung, Desa Lupak Dalam, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas. Rombongan ditemani oleh jajaran Polsek Kapuas Kuala, yang mana langsung dipimpin Kapolseknya AKP A Sanip. Rabu (26/10).

Kedatangan rombongan yang dikoordinir oleh Kepala Dishubkominfo Kabupaten Kapuas Ahmad Supian. Pengecekan berkaitan dengan akan dibangunnya jalan dari pelabuhan Batanjung menuju ke Basarang dan informasi yang diterima, pada tahap berikutnya bahwa dermaga pelabuhan akan dibangun lagi, sehingga menjadi panjang. Lokasi dibangunnya pelabuhan ini hanya sekitar 5 mil dari Laut Tabunio, Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kapuas, Ahmad Sofian, selain itupula proses kelanjutan pembangunan Pelabuhan Laut Batanjung mulai jelas titik terangnya dan bahkan tahap pembangunan Laut Batanjung ini bisa dipastikan akan dilanjutkan pada 2017, karena masih menunggu pembangunan jalan poros Kualakapuas Basarang – Batanjung yang bersumber dari APBD dan APBN, katanya.

Karena anggaran pembangunan lanjutan pelabuhan Batanjung sudah tersedia di Kementerian Perhubungan RI. Sehingga pembangunan lanjutan untuk jalan menuju ke Pelabuhan Batanjung ini atas permintaan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) maupun dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menghendaki pembangunan menuju ke pelabuhan harus secepatnya dikerjakan, ujar Ahmad Sofian.

1438194238-a

Ahmad Sofian mengakui, bahwa dana pembangunan itu akan dikucurkan menunggu action atau aksi pembangunan jalan poros dimulai. Kini, Kementerian Perhubungan menginginkan keseimbangan antara proses pembangunan pelabuhan itu sendiri, dengan pembangunan fasilitas pendukung antara lain jalan. Ke depan jika pembangunan jalan sudah bergerak, maka kelanjutan pembangunan Pelabuhan Batanjung juga dipastikan bergerak, agar selesai bersamaan sehingga langsung dipungsikan ujarnya.

Dikatakan Sofian, pada 2016 ini, Pemkab Kapuas melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pekerjaan Umum Kapuas tengah menggarap kelengkapan dokumen yang masih kurang untuk realisasi pembangunan jalan poros itu, selain itupula Bappeda dan Dinas PU Kapuas harus melengkapi di antaranya Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), Studi Kelayakan atau Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Desain (DED) atau gambaran detail pekerjaan. (Darma Jaya)

Bagikan via:

Baca Juga:





Tinggalkan Balasan

error: Maaf dilarang mengcopy-paste!