SHOPPING CART

close

LBH LEKEM KALIMANTAN Kuasai Lahan di Jalan Ahmad Yani Kilometer 4,500 Banjarmasin

SUARA KALIMANTAN – . LBH LEKEM KALIMANTAN merupakan sebuah lembaga di Banjarmasin dan saat ini dipercaya oleh pemilik tanah dengan ukuran lebar 36 meter serta panjang 104 meter yang terletak di jalan Ahmad Yani Kilometer 4,500 Kelurahan Pemurus Baru Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin Propinsi Kakimantan Selatan. Penguasaan tanah ini telah dikuasai secara yuridis atau penguasan secara fisik sejak tahun 1957 dan oleh karena itu berarti ada hak dalam penguasaan yang diatur oleh ada kewenangan menguasai secara fisik, ujar salah satu anggota LBH LEKEM KALIMANTAN, Aspihani Ideris kepada wartawan Suara Kalimantan (26/5/2015) saat ditemui usai pemasangan spanduk di lahan yang mereka kuasai tersebut.

Menurut Aspihani, penguasaan ini ada dalam aspek privat sedangkan aspek publiknya diatur dalam pasal 33 ayat 3 UUD Negara RI tahun 1945 dan pasal 2 UUPA bahwa Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Penguasaan fisik atas tanah dan bangunan menjadi poin penting di dalam hukum pertanahan. Artinya para pemegang hak atas tanah meskipun telah bersertifikat tidak boleh hanya mengandalkan sertifikatnya tanpa melakukan penguasaan fisik, atau membiarkan tanah tanpa sedikitpun melakukan kegiatan. Sedangkan tanah yang kami kuasai ini memiliki surat walau pun masih berupa Verklaring Tahun 1962 dan itupun tanahnya telah dikuasai oleh pemberi kuasa sejak tahun 1957, jadi inilah yang menjadikan dasar bahwa tanah tersebut adalah dalam kekuasaan kami, ujarnya.

loading...

Selanjutnya Aspihani memaparkan bahwa secara yuridis kenyatannya hukum pertanahan mewajibkan bagi pemegang hak untuk mengelola tanahnya sesuai dengan hak yang telah diperolehnya, konsekwensi bagi yang tidak mematuhi perintah hukum tersebut akan kehilangan haknya. Namun itu semua dari dulu sampai sekarang telah kami lakukan dan fisiknya telah kami kuasai, disana kami sudah membangun berupa pondok kecil, lahannya selalu kami pelihara dengan cara membersihkannya dan bahkan secepatnya telah terpampang spanduk atau pagar yabg bertuliskan penguasaan telah kami lakukan, katanya.

Selain itupula pihak kami dengan i’tikad baik dan secara jujur telah menguasai fisik tanah tersebut sudah melebihi 20 (dua puluh) tahun berturut-turut, dari itu kami berkeyakinan hukum akan melindungi dan melegitimasinya sebagai pemilik hak atas tanah yang telah kami kuasai sebagaimana merujuk ketentuan Pasal 24 ayat (2) Peraturan Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah, “Intinya penguasaan fisik bidang tanah itu sudah dikuasai selama 20 (dua puluh) tahun lebih secara berturut-turut dan bahkan itikad baik dan secara terbuka atas penguasaan tanah itu kami lakukan dan sampai sekarang tidak ada yang komplain atas kepemilikannya, jika memang ada silakan hubungi kami di 0811513022 dan atau mendatangi kami”, ujar Aspihani seraya menutup pembicaraannya. (Kas)

loading...
Bagikan via:
loading...
Tags:

0 thoughts on “LBH LEKEM KALIMANTAN Kuasai Lahan di Jalan Ahmad Yani Kilometer 4,500 Banjarmasin

Tinggalkan Balasan

  • Popular
  • Most Comments
  • Lastest
2019 Jalan Sungai Durian Menuju Simpang Empat Banian Akan Kembali Di Tingkatkan
Kapuspenkum Kejagung Tegaskan Kasus Kunker DPRD Banjar Tetap Proses Hukum
Satpol PP Tangkap dan Gunduli Dua Anak Punk
LEKEM KALIMANTAN Menduga, Proyek Gedung Laboratorium Sains dan Teknologi Tala Bermasalah
Ketum KIB Saran Bentuk TIM Kasus 98 & Sambut Baik Bentuk TIM Tuntaskan Kasus Novel
Tersiar Khabar Ayam Mati Akibat Vaksinasi, Kementrian Turunkan Tim Investigasi Ke Sinjai
Melalui Program (JMS) Kejari Kapuas Berikan Penyuluhan dan Penerangan Hukum dikalangan Pelajar
Refleksi Ibadah Bersama ASN, Sarmi Papua Aman dalam Lindungan Tuhan
Kemendiknas Tindaklanjuti surat edaran KadisdikBud Prov. Kalsel, Tentang Unas Thn 2018 – 2019.
Kemensos: Agar Kegiatan Bantuan Tepat Sasaran
Cek Data Sebagai Pemilih di Pemilu 17 April 2019
Di Makkah Habib Rizieq Shihab Do’akan, Ustadz Arifin Ilham Kondisinya Membaik
Kebakaran, Langgar Bintang Panglima Batur Juga Di Lalap Api
Wakil Ketua DPRD Tanbu Angkat Bicara Terkait Rusaknya Jalan Penghubung Dua Desa di Satui
Pemkot Jakbar Gandeng Team Jatanras Polres, Amankan HBKB kota Tua
Moeldoko Minta Relawan Jokowi Pasang Baliho Jokowi-Ma’ruf Amin
Rifka Jaya Soroti Merosotnya Perekonomian Di Era Presiden Jokowi
Warga Keluhkan Jalan Penghubung di Satui Kalsel Rusak Berat
Soroti Polemik Hi-Tech Mall Surabaya, APTIKNAS JATIM Siap Berkontribusi
Kapolresta Minta Maaf Atas Pengusiran Wartawan Saat Meliput Berita
error: Maaf dilarang mengcopy-paste!
%d blogger menyukai ini: