Rabu, Juli 18

Lutfi Pimpin Persatuan LSM Kalimantan

Suara Kalimantan – . Karena kepercayaan dimata masyarakat selama ini LSM/OKP sudah berkurang, maka para elite-elite Lembaga Swadaya Masyarakat se Kalimantan menyatukan visi-misi LSM-LSM dan OKP-OKP se Kalimantan untuk bertekad memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam sebuah wadah perkumpulan yang dinamakan Persatuan Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan yang disingkat Persatuan LSM Kalimantan. Kegiatan pertemuan tersebut digelar selama dua hari, Rabu dan Kamis, 9-10 Mei 2012 di Hotel Permata .

Sekedar diketahui gagasan pembentukan Persatuan LSM Kalimantan ini pertama kalinya digagas oleh aktivis muda Kalimantan, Aspihani Ideris SAP SH MH dengan mengajak beberapa tokoh-tokoh LSM dan OKP di Kalimantan yaitu seperti tokoh LSM Kalimantan lainnya Fahmi Anshari, Ahmad Yani, Nordiansyah, Kastalani Ideris, Syamsul Ma’rif dan lain-lain. Gagasan pembentukan penyatuan LSM dan OKP di Kalimantan ini pada akhirnya terjadilah pertemuan petinggi-petinggi LSM dan OKP se Kalimantan ini di prakarsai oleh sembilan tokoh-tokoh LSM di seperti Sjazli Arsyad Abdis (Aliansi Pengawas Korupsi “APEK”), H Suripno Sumas SH MH (Gerakan Masyarakat Penegak Amanat Reformasi “GEMPAR”), HM Lutfi Saifuddin Rais S.Sos (Pemerhati Tambang dan Korupsi “PETAK”), M Yusuf S.Sos MAP (Himpunan Masyarakat Pemerhati Alam dan Lingkungan “HIMPAL”), Aspihani Ideris SAP SH MH (Lembaga Kerukunan Masyarakat Kalimantan “LEKEM KALIMANTAN”), Ahmad Yani (Forum Gerakan Amanat Masyarakat “F GAM TALA), H Bahrudin/Udin Palui (Kelompok Suara Hati Nurani Masyarakat Hulu Sungai Tengah “KSHNM HST”), Badrul Ain Sanusi Al Afif SH.I MS MH (Bina Lingkungan Hidup Indonesia “BLHI Kalimantan”) Kastalani Ideris (Lembaga Pemantau Korupsi “LEMPEKOR”) dan Fahmi Anshari (Pemerhati Lingkungan Hidup “PELIH”).

Hasil dari pertemuan para elite-elite LSM dan OKP tersebut berujung pemilihan Direktur Eksekutif lembaga tersebut dengan 4 (empat) orang kandidat yang siap memperebutkan posisi pimpinan tertinggi dikalangan LSM dan OKP se Kalimantan yaitu 1) Ahmad Yani, 2) HM Lutfi Saifuddin Rais S.Sos, 3) Umar N, S.MHK, SH, 4) Badrul Ain Sanusi Al-Afif SH.I, MS, MH.

Aspihani Ideris SAP MH selaku Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan dalam sambutannya bahwa pemilihan pimpinan tertinggi lembaga Persatuan LSM Kalimantan ini akan dilaksanakan secara demokrasi, mengingat peserta yang hadir disini semuanya para elet-elet pimpinan LSM dan OKP se Kalimantan.

Dalam acara tersebut pun tercatat 98 pimpinan LSM dan OKP dan 98 orang perwakilan LSM/OKP yang hadir sebagai pesertanya yang memiliki hak suara dalam menentukan seorang pemimpin di lembaga Persatuan LSM Kalimantan ini, ujar Aspihani dalam pidatonya.

Insya Allah musyawarah ini direncanakan berlangsung dua hari dari hari Rabu tanggal 9 kemaren sampai hari ini Kamis tanggal 10 Mei 2012 ini kita akan menyatukan tekad misi LSM/OKP dulu dan dilanjutkan dengan mengadakan pemilihan Direktur Eksekutif untuk kepemimpinan 2 (dua) tahun kedepan dan 9 (sembilan) orang Direktur Presidium serta 1 (satu) orang Sekretaris Jenderal, beserta kepengurusan lainnya yang menduduki lembaga perkumpulan Persatuan Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan ini, lanjut Aspihani.  

Aktivis senior Kalimantan ini menuturkan bahwa Persatuan Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan ini juga mempunyai Visi Mempererat Hubungan antar Lembaga Swadaya Masyarakat yang ada di Kalimantan pada khususnya dan warga Kalimantan pada umumnya, dan diapun berharap LSM di Kalimantan ini benar-benar dapat bersatu dalam berjuang untuk kemaslahatan hajat masyarakat banyak, pungkas Aspihani.

DR. Drs Abdul Sani, M.Pd selaku pimpinan sidang menututurkan bahwa dalam pemilihan ini akan diramaikan 4 (empat) orang kandidat yang memperebutkan sebagai pucuk pimpinan LSM/OKP Gabungan di Kalimantan, mereka tersebut yaitu:

  1. Ahmad Yani dari LSM Forum Gerakan Amanat Masyarakat Tanah ;
  2. HM Lutfi Saifuddin Rais S.Sos dari LSM Pemerhati Tambang dan Korupsi;
  3. Umar N, S.MHK, SH dari LSM Forum Masyarakat Kota Kalimantan, dan 
  4. Badrul Ain Sanusi Al-Afif SH.I, MS, MH dari LSM Bina Lingkungan Hidup Indonesia Kalimantan.

Sebelum para calon berlanjut kepemilihan, mereka (para calon Direktur Eksekutif) terlebih dahulu menyampaikan berkas kesiapan pencalonannya sebagai syarat dari sebuah kompetisi perebutan pimpinan tertinggi dilembaga ini serta nantinya menyampaikan visi dan misinya, ujar Abdul Sani Dosen Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin ini.

Pantauan media ini dalam musyawarah tersebut dilaksanakan sangat alot diperdebatkan dalam pembahasan penamaan organisasi, lambang organisasi, syarat-syarat pencalonan pimpinan dan syarat yang berhak duduk sebagai kepengurusan di organisasi Persatuan LSM Kalimantan yang termaktub dalam rancangan AD-ART organisasi tersebut.

Sebagaimana di dapat dari pantauan media ini bahwa dalam penyampaian visi misi para calon 2 (dua) orang calon Ahmad Yani dan Badrul Ain Sanusi Al-Afif mengundurkan diri dari pencalonannya dan mendukung penuh salah satu calon terkuat serta pada akhirnya terpilih sebagai Direktur Eksekutif Persatuan Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan ini adalah HM Lutfi Saifuddin Rais S.Sos dengan kepemimpinan masa bakti 2012-2014 mendapatkan 83 % (persen) suara dan Umar mendapatkan 17 % (persen) suara dari semua hasil suara yang sah. Selain itu pula pada saat itu juga peserta Musyawarah Anggota Persatuan LSM Kalimantan mengadakan pemilihan langsung Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umumnya disepakati secara aklamasi. Hasil pemilihan secara aklamasi tersebut terpilihlah Aspihani Ideris sebagai Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umumnya dijabat oleh Fahmi Anshari.

Menurut Informasi dari salah seorang moderator sidang H Abdullah Sani SH (H. Dudung) ketika diwawancarai wartawan disela-sela rehat akhir kegiatan berlangsung, bahwa Untuk perampungan penyusunan kepengurusan lembaga Persatuan Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan ini akan di lanjutkan besok hari Jum`at di sebuah Caffe ternama di Banjarmasin oleh para formatur terpilih yang beranggotakan 9 orang tersebut.

Insya Allah hari Jum`at besok TIM Formatur akan bisa menyelesaikan penyusunan kepengurusan presidium dari sebuah lembaga Persatuan Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan ini, minimal 20% (persennya) sudah bisa diselesaikan penyusunannya, ujar H Dudung yang juga Ketua DPD LPPN RI Kalsel.

Langkah awal tim formatur dalam penyusunan kepengurusan tersebut menurut H Dudung adalah menghubungi para calon pengurus yaitu para pimpinan LSM/OKP yang ada di Kalimantan dan menyerahkan draf surat pernyataan kesedian sebagai pengurus dan surat kesediaannya yang dibubuhi matrai Rp. 6000,- untuk menguatkan dalam kepengurusan nantinya, ungkap senior LSM Kalimantan ini.

Menurut H Dudung dalam penyusunan kepengurusan organisasi Persatuan LSM Kalimantan ini sebagaimana terdapat dalam Anggaran Dasar (AD) organisasi yang disepakati bersama dalam pasal 28 ayat 1 nantinya meliputi jabatan Badan Pengawas dan Personalia Eksekutif serta Deputi-Deputi berlaku kurun waktu 2 (dua) tahun sejak dipilih melalui Musyawarah Anggota (MUSTA).

Lanjut H Dudung bahwa Tim Formatur tersebut terdiri dari 9 (Sembilan) orang anggota yaitu HM Lutfi Saifuddin Rais S.Sos, Umar N S.MHK, SH, Ahmad Yani, Badrul Ain Sanusi Al-Afif SH.I MS MH, DR Drs Abdul Sani M.Pd, H. Abdullah Sani Dudung SH, Syamsul Ma`arif SAg, Aspihani Ideris SAP SH MH, dan H Hasan Rasad SAB. (TIM)

Bagikan via:

Baca Juga:





Tinggalkan Balasan

error: Maaf dilarang mengcopy-paste!